Kamis, 20 November 2014

Dukungan PRD Kota Depok terhadap perjuangan pedagang Pasar Cisalak - Kota Depok




Pernyataan Sikap

DUKUNGAN PENUH PARTAI RAKYAT DEMOKRATIK
(PRD) KOTA DEPOK TERHADAP
PERJUANGAN PEDAGANG PASAR CISALAK - DEPOK
(terkait Rencana Revitalisasi Pasar Cisalak)

Salam Perjuangan,

Dalam bulan November ini, terkait dengan rencana Pembangunan Pasar Cisalak - Kota Depok muncul banyak kesimpang siuran tentang proses pembangunan pasar.  Seperti di ketahui pada 30 Mei 2013 yang lalu telah terjadi kebakaran di Pasar Cisalak, salah satu pasar tradisional yang terbesar di Depok  di mana  528 kios di Blok A ludes di lalap api. Paska kebakaran para pedagang memindahkan usahanya ke Blok B dan lokasi penampungan sementara yang terletak di areal pasar.

Pada 2014 muncul wacana Revitalisasi Pasar Cisalak yang kemudian di wujudkan dengan kebijakan Pemkot Depok untuk membangun pasar pada Januari 2015. Dalam langkah awal, pada pertengahan September 2014  Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail menggelar pertemuan dengan ratusan pedagang di Lapangan Futsal RT 06/RW 05 yang terletak di sekitar kawasan Pasar Cisalak namun menurut informasi dari pedagang belum di capai kesepakatan apapun mulai dari proses relokasi sampai dengan kejelasan penempatan pedagang setelah pasar selesai di bangun.

Hal ini lah kemudian yang membuat para pedagang (terutama Blok B) menolak relokasi di karenakan tidak ada kejelasan menyangkut tempat relokasi. Para pedagang kios menginginkan lokasi relokasi yang strategis untuk berdagang, bentuk bangunannya sesuai kebutuhan usahanya (bukan sekedar los pasar kosong).

Oleh sebab itu, Partai Rakyat Demokratik (PRD) Kota Depok sebagai partai politik non parlemen yang terlahir sejak sebelum era Reformasi 1998 (PRD di deklarasikan 22 Juli 1996) yang selama ini konsisten berjuang bersama Rakyat tertindas mendukung penuh perjuangan pedagang Pasar Cisalak untuk memperjuangankan hak-haknya sebagai pedagang pasar dan sebagai warga negara Republik Indonesia untuk menjalankan usahanya mengisi kemerdekaan dan menjalankan ekonomi Pancasila.

Terhadap revitasisasi Pasar Cisalak - Kota Depok, PRD Kota Depok mengeluarkan pernyataan sikap antara lain :


  1. MENDUKUNG PEMBANGUNAN PASAR CISALAK
  2. MENOLAK JIKA ADA MASUKNYA RETAILER BESAR DI PASAR CISALAK (RAMAYANA, ROBINSON, DLL)
  3. MENOLAK RELOKASI PEDAGANG PASAR CISALAK YANG SEPIHAK
  4. RELOKASI PEDAGANG HARUS MELALUI MUSYAWARAH MUFAKAT ANTARA PEMERINTAH KOTA DEPOK DAN PEDAGANG PASAR CISALAK
  5. HARUS ADA KESEPAKATAN YANG TERKAIT DENGAN KEPENTINGAN PEDAGANG PASAR CISALAK MULAI DARI PROSES RELOKASI, PEMBANGUNAN PASAR SAMPAI DENGAN JAMINAN PENEMPATAN PEDAGANG DI GEDUNG PASAR CISALAK SETELAH SELESAI PEMBANGUNAN DENGAN MELIHAT KEMAMPUAN EKONOMI PEDAGANG
  6. MENDUKUNG PELAKSANAAN EKONOMI PANCASILA SECARA KONSISTEN DI KOTA DEPOK
  7. WUJUDKAN KOTA DEPOK SEBAGAI KOTA YANG PANCASILAIS
  8. LAKSANAKAN PASAL 33 UUD 1945

Depok, 20 November 2014

Komite Pimpinan Kota Partai Rakyat Demokratik (KPK PRD Kota Depok)




Diddy Kurniawan                                                              Jamaludin
                                       Ketua                                                                      Sekretaris                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar